Minggu, 03 Oktober 2010

Membuat Kaligrafi dengan Menggunakan Freehand

Sumber : di2tdrifter.wordpress.com
Mulai dari tulisan ini saya akan kembali menulis tutorial desain grafis sederhana. Kali ini saya akan membahas cara mambuat kaligrafi yang sedikit berbeda dengan menggunakan Freehand, lebih detailnya, versi yang saya gunakan adalah Freehand MXa.

Hal pertama yang harus dilakukan tentu saja adalah membuka program FreeHand MXa, dan jangan lupa untuk membuka dokumen baru dengan menekan gabungan tombol Ctrl+N atau File > New pada menu bar.
Standarnya dokumen yang akan pertama kali muncul berukuran A4, akan tetapi bisa juga diubah dengan sedikit mengutak – atik panel ‘document’ yang berada di jajaran sebelah kanan dokumen.

kal
Selanjutnya untuk menempatkan file asli di dalam dokumen hanya tingal menggunakan perinta File > Open atau menggunakan gabungan tombol Ctrl+O. oiy perlu saya ingatkan bahwa di sini kita hanya men-tracetracing, kita akan mendapatkan sebuah dokumen / gambar baru yang lebih baik dari gambar awalnya. Dan pada kesempatan kali ini, saya menggunakan kaligrafi yang bertuliskan nama Baginda Nabi Besar Muhammad SAW. sebuah dukumen / gambar yang berkualitas rendah, sehingga akhirnya nanti setelah melalui proses
10544-497-497
Baiklah, dengan menggunakan ‘Pen Tool’pen_kalkita bisa mulai membuat men-trace gambar.
Oiya, untuk pengaturan warna, cukup mengutak – atik ‘Color Palette’ yang ada di jajaran ‘Tool’ yang terletak di sebelah kiri jendela kerja FreeHand.
kal_1
Dengan ‘Subselect Tool’dirsel_kal, kita bisa merapikan ‘path’ yang tadi telah dibuat dengan menggunakan ‘Pen Tool’ sehingga hasilnya menjadi seperti ini.
kal_3
Bagian yang paling menarik dimulai di sini, dengan menggunakan ‘Extrude Tool’kal_ex, kita bisa mambuat tampilan yang berkesan 3Dimensi. Dimulai dari tulisan utama
kal_41
dan kemudian tanda ‘Tasydid / tebal’-nya.
kal_51
Dan akhirnya, inilah hasil akhirnya. 





10544-497-497

Tidak ada komentar:

Posting Komentar